Sejarah Candi Gedong Songo

Sejarah Candi Gedong Songo, Karakteristik, Lokasi, dan Menurut Legenda

Posted on

Sejarah Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah merupakan sebuah Candi berkelompok sehingga membentuk sebuah komplek percandian dan merupakan salah satu peninggalan Agama Hindu. Candi Gedong Songo belum diketahui kapan awal pembangunannya candi ini, bahkan parah ahli sejarah pun belum bisa memecahkan masalah ini. Sehingga sampai sekarang Candi ini masih sering dijadikan sebagai bahan penelitian. Namun ada juga pendapat dari beberapa orang  bahwa candi ini dibangun di masa pemerintahan Dinasti Sanjaya Hindi di Jawa yaitu pada sekitar abad ke – 8. Bentuk dan Reliefnya dijadikan bukti bahwa Candi ini dibangun pada abad ke – 8 akan tetapi belum ada yang berani memastikan.

Sebelumnya kami juga pernah membahas tentang Sejarah Candi Sambisari yang bisa kalian Baca disini.

Karakteristik Masing-Masing Candi Gedong Songo

Disetiap Candi yang berada di Candi Gedong Songo memiliki sejarah yang berbeda-beda. Berikut ini adalah sejarah dari setiap Candi Gedong Songo:

Candi Gedong I

Candi Gedong I merupakan salah satu dari Candi yang terbentuk utuh diantara Candi – Candi lainnya disekitar Candi Gedong Songo

Candi Gedong II

Hampir sama dengan Candi Gedong I, Candi Gedong II adalah berupa sebuah bangunan Candi yang masih utuh, Candi ini berdiri kokoh diatas sebuah batur  bujur  sangkar dengan luas sekitar 2,2 meter dan tinggi sekitar 1 meter.

Candi Gedong III

Candi Gedong III sedikit berbeda dengan Candi Gedong I dan II, bahwa Candi Gedong III terdapat 3 buah bangunan candi besar, 2 Candi besar berada di sederet menghadap Timur dan 1 Candi kecil menghadap kearah Barat.

Candi Gedong IV

Candi Gedong IV  ini merupakan sebuah Candi besar yang dikelilingi oleh reruntuhan Candi – Candi kecil  yang merupakan Candi Perwara. Dan Candi ini menghadap kearah Timur.

Candi Gedong V

Candi Gedong V adalah Candi yang serupa dengan Candi Gedong IV, yaitu merupakan bangunan utama yang besar dan beberapa berupa reruntuhan Candi Perwira yang mengelilingi Candi Utama.

Untuk yang lainnya seperti Candi Gedong VI hingga Candi Gedong IX hampir sama rupa seperti Candi  Gedong V dari segi bentuk bangunannya.

Lokasi Candi Gedong Songo

Lokasi Candi ini berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Jawa Tengah. Letak candi ini secara Geografis berada di koordinat -7.210290, +110.342010, yang berada diketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Lokasinya berada tepat di sebuah kaki Gunung Ungaran sehingga rasa sejuk dapat dirasakan dia area ini. Suhunya pun sekitar 19° – 27° Celcius. Letaknya sekitar 15 km dari kota Ambarawa dan sekitar 45 km dari kota Semarang.

Candi Gedong Songo Menurut Legenda

Pasti di setiap tempat  memiliki kisah tersendiri tentang sejarah atau kisah mistik tempat tersebut. Seperti dengan Candi Gedong Songo yang juga memiliki kisah mistik tersendiri dan berdasarkan cerita dari warga setempat.

Berdasarkan menurut legenda masyarakat setempat, sebenarnya bahwa Sejarah Candi gedong Songo ini adalah merupakan tempatnya Hanoman menimbun Dasamuka atau Rahwana ketika sewaktu perang memperebutkan Dewi Sinta. Seperti pada kisah Rahmayana bahwa Dasamuka menculik Dewi Sinta dari Rama sang Suaminya. Karena Rama ingin merebutnya kembali istrinya dari Dasamuka, maka terjadilah perang besar umtuk merebut Dewi Sinta dari Dasamuka. Peperangan itupun terjadi antara kedua kubu.

Dasamuka pun tidak bisa mati walaupun sudah di rajam oleh ratusan senjata perang, maka hanoman pun berpikir keras bagai mana supaya dapat mengalahkan Dasamuka, maka muncullah sebuah ide untuk mengangkat Gunung besar dan kemudian ditimpahkan ke Dasamuka. Dan pada akhirnya Dasamuka tertimbun hidp-hidup oleh Gunung yang sangat besar yang bernama Gunung Ungaran.

Sebagian Masyarakat mengatakan bahwa Dasamuka adalah raksasa yang suka minum minuman keras, sehingga ketika seorang pengunjung datang membawa minuman keras di daerah tersebut, maka akan membuat Dasamuka terbangun karena mencium bau minuman keras tersebut.

Masyarakat setempat percaya bahwa Candi Gedong Songo ini terdapat Jin dan mahluk Ghaib yang bernama Mbah Murdo yang diyakini sebangai penunggu Candi. Dan masyarakat mempercayai bahwa yang membangun Candi ini adalah  Ratu Sima sebagai persembahan kepada dewa-dewa  disetiap Ratu Sima  mengalami masalah.

Inilah beberapa peristiwa berbagai macam tentang Sejarah Candi Songo tersebut, sehingga terdapat beberapa versi yang diterima oleh masyarakat setempat mengenai Sejarah Candi Gedong Songo ini. Baca juga Sejarah Candi Borobudur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *